Perang Manggopoh, Menyongsong Hari Bersejarah dan Membangkitkan Semangat Perjuangan

Siti Manggopoh, pendekar dan pejuang melawan Kolonial Belanda.

Lubuk Basung, Rakyatterkini.com – Menyambut peringatan Perang Manggopoh, Pemkab Agam adakan rapat persiapan bersama camat, walinagari dan OPD lainnya.
Sekcam Lubuk Basung mengatakan upacara peringatan digelar Sabtu, 15 Juni 2024, di GOR Arena Buya Hamka, Nagari Manggopoh. Dihadiri Gubernur Sumatera Barat selaku inspektur upacara. 
Perang Manggopoh adalah salah satu peristiwa bersejarah penting di Sumatera Barat. Terjadi pada 1908, peristiwa ini melibatkan para pejuang Minangkabau yang dipimpin oleh seorang wanita bernama Siti Manggopoh dalam melawan kolonial Belanda. 
Latar belakang peristiwa ini berawal dari kebijakan pajak dan penindasan yang dilakukan oleh Belanda, yang menimbulkan kemarahan rakyat.
Para pejuang dari Nagari Manggopoh, bangkit untuk melawan ketidakadilan tersebut. Perlawanan ini dikenal sebagai simbol keberanian dan perjuangan rakyat Minangkabau melawan kolonialisme. 
Meskipun akhirnya perlawanan ini dapat dipadamkan oleh Belanda, semangat dan keberanian para pejuang Manggopoh menjadi inspirasi bagi generasi berikutnya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
Melalui upacara peringatan Perang Manggopoh, masyarakat diingatkan kembali akan pentingnya semangat perjuangan dan kebersamaan dalam menghadapi tantangan. 
Upacara ini bukan hanya sekadar ritual, melainkan juga penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang demi keadilan dan kemerdekaan. (vn)
https://ouo.io/WKH6MZ

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started