Pemko Solok Adakan Bimtek Perizinan Berbasis Risiko dan Sertifikat Halal bagi Pelaku Usaha

Bimtek sertifikasi halal PTSP Kota Solok.

Solok, Rakyatterkini.com – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Solok mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) terkait Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan Sertifikat Halal bagi Pelaku Usaha. 
Acara ini dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Nova Elfino.
Bimtek berlangsung selama dua hari, 10 hingga 11 Juni 2024, di Aula Hotel Premiere Solok Syariah. Sebanyak 80 pelaku usaha dari Kota Solok hadir, dibagi menjadi dua angkatan. 
Tujuan dari bimbingan ini adalah untuk memudahkan pelaku usaha mendapatkan sertifikat halal dan memberikan pemahaman mendalam tentang sistem perizinan berbasis risiko. Ini merupakan upaya pemerintah dalam menyederhanakan proses perizinan dan meningkatkan kemudahan berusaha.
Nova Elfino menyatakan bimbingan Teknis ini adalah upaya pemerintah, baik daerah maupun pusat, untuk menyamakan persepsi dalam memahami peraturan terkait perizinan berusaha berbasis risiko. Ini juga bertujuan memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan, dan kepastian ketersediaan Produk Halal bagi masyarakat, serta meningkatkan nilai tambah bagi pelaku usaha UMKM di Kota Solok.”
Sistem Perizinan Berusaha berbasis risiko terintegrasi secara elektronik merupakan langkah pemerintah dalam menyederhanakan perizinan dan menciptakan model pelayanan yang cepat, mudah, dan pasti. OSS RBA (Online Single Submission Risk-Based Approach) adalah perizinan berusaha yang diberikan kepada pelaku usaha berdasarkan tingkat risiko kegiatan usahanya.
Sertifikasi halal pada produk bertujuan untuk memastikan kepada masyarakat bahwa produk yang diproduksi benar-benar halal untuk dikonsumsi, sebagai upaya pemerintah dalam memfasilitasi masyarakat menjalankan perintah sesuai syariat.
Pemerintah Kota Solok berharap kegiatan Bimtek ini memberikan pemahaman kepada pelaku usaha mengenai fasilitas kemudahan izin dan sertifikasi halal, serta bermanfaat dalam memperlancar usaha dan meningkatkan investasi di Kota Solok. 
Ini juga menjadi persyaratan dan sarana serta prasarana serta SDM untuk mendukung pelayanan perizinan dan kemudahan pelaku usaha dalam mengurus sertifikasi halal bagi produk mereka. (dd)
https://ouo.io/DmtX8a

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started