Tindaklanjuti Aduan Masyarakat, DPMPTSP Padang Pariaman Sisir Kandang Ayam di Kawasan Perumahan

Tim DPMPTSP Padang Pariaman usai mencek kandang ayam setelah mendapat laporan dari masyarakat.

Padang Pariaman, Rakyatterkini.com – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Padang Pariaman cek lokasi kandang ayam di kawasan perumahan, Korong Sungai Pinang, Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, Padang Pariaman, Sumbar, Rabu (19/6/2024).
Cek lokasi ini berkait dengan adanya surat aduan masyarakat kepada DPMPTSP beberapa hari lalu terkait adanya peternak ayam yang dinilai cukup meresahkan masyarakat.
Koordinator perizinan DPMPTSP Suhatman menyebutkan, kegiataan tersebut guna melihat secara dekat ternak ayam apakah memenuhi kesusaian kegiataan pemanfaatan ruang dan aturan yang berlaku.
Menurut Suhatman, kegiatan ini sebagai bagian dari tahapan awal proses laporan warga perumahan bersubsidi di daerah ini adanya dugaan bau tak sedap dan penyebaran penyakit yang bersumber dari kandang ayam.
“Kita menindaklanjuti pengaduan warga perumahan dengan adanya dugaan bau tak sedap, dan bahaya penyakit menyerang warga dari bergentayangan lalat di perumahan ini, sehingga hari ini bersama tim DPMPTSP turun memastikan kondisi lapangan,” sebut Suhatman.
Diakui, keberadaan kandang ayam tersebut belum mempunyai izin dari pemerintah. Kendatipun demikian, peternak ayam tersebut berupaya pemanfaatan ruang dan mencegah bau tak sedap dari kandang ayam tersebut.
“Pihak peternak sedang melakukan pembangunan kandang yang sehat dan ramah lingkungan agar dampak polusi udara dan kesehatan warga di perumahan itu tidak terganggu. Saat ini izin dari peternak ayam itu belum ada,” sebut dia.
Ia menyebutkan, keresahaan masyarakat perumahan dapat diatasi dengan melakukan duduk semeja dengan pemilik kandang bersama masyarakat. Artinya, pihaknya akan melakukan mediasi agar permasalahan itu dapat diatasi dengan bermusyawarah.
“Kami akan coba melakukan mediasi antara sipemilik kandang dan warga, dengan cara musyawarah bersama warga dan pemilik kandang agar permasalahan ini dapat diatasi, sepanjang kedua belah pihak tidak saling dirugikan,” sebut dia. (suger)
https://ouo.io/514c6D

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started