Grand Final Duta GenRe, Tanah Datar Lahirkan Pemimpin Muda Berkarakter

Grand Final Duta GenRe Tanah Datar.

Tanah Datar, Rakyatterkini.com – Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Tanah Datar harus mampu mengatasi berbagai masalah kompleks yang terjadi selama masa transisi remaja.
Mereka juga bertugas untuk mempromosikan pendidikan, merencanakan, dan mengimplementasikan program-program yang telah direncanakan.
Pernyataan ini disampaikan oleh Bupati Eka Putra, saat pembukaan malam Grand Final Duta GenRe Kabupaten Tanah Datar Tahun 2024, Sabtu malam, 20 April 2024.
Bupati Eka menekankan prestasi sejati bukan hanya tentang memenangkan kompetisi, tetapi juga tentang kemampuan peserta dalam menerapkan ide-ide dengan baik serta menggerakkan masyarakat untuk lebih peduli terhadap program bangga kencana.
“Sebagai remaja Duta GenRe, tugasnya adalah menjadi figur yang bekerja keras, berintegrasi, dan memiliki semangat gotong royong untuk menjadi panutan dan teladan bagi teman sebaya,” ujar Eka Putra, yang juga merupakan Ayah GenRe.
Eka Putra berharap para duta GenRe yang terpilih tahun 2024 akan menjadi remaja atau mahasiswa yang hidup sehat, berakhlak, berbudi pekerti luhur, taat beragama, serta mampu membangun citra positif program GenRe melalui kepribadian yang berkarakter.
Sementara itu, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumatera Barat, Fatmawati, menyatakan bahwa BKKBN terus berupaya meningkatkan budaya hidup sehat di kalangan remaja untuk mencegah berbagai masalah yang sering dialami oleh remaja. 
Tujuannya adalah menciptakan remaja yang produktif dan berkualitas agar mampu bersaing di masa depan.
Fatmawati juga berharap para Duta GenRe mampu mengedukasi teman-teman mereka tentang pentingnya pencegahan stunting, bahaya pergaulan bebas, serta persiapan menuju pernikahan yang matang.
Ketua Pelaksanaan pemilihan Duta GenRe Tanah Datar 2024, juga Kadis PMDPPKB, Abdurrahman Hadi, menyampaikan bahwa pemilihan Duta GenRe bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan karakter positif di kalangan remaja, mahasiswa, maupun masyarakat umum, serta untuk mempromosikan program GenRe.
Lebih lanjut, pada malam puncak Duta GenRe 2024 dengan tema “Bermimpi Besar, Taklukkan Tanpa Pudar untuk Masa Depan yang Bersinar”, peserta terdiri dari 30 orang, terdiri dari 27 siswa SMA, 1 mahasiswa, dan 2 remaja dari kampung berkualitas, yang telah melalui proses audisi mulai tanggal 3 hingga 18 Februari 2024, dan dilanjutkan dengan karantina bagi finalis Duta GenRe sejak tanggal 18 hingga 20 April.
“Alhamdulillah, pelaksanaan pemilihan Duta GenRe telah dimulai sejak tahun 2018 dan hingga saat ini telah melahirkan 230 Duta GenRe Kabupaten Tanah Datar,” tambahnya. (farid)
https://ouo.io/1UOtTE

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started